Refleksi Tiga Tahun Kepemimpinan Tamba-Ipat, Akselerasi Pembangunan Besar Fokus Buka Ruang Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Rallmedia

Keterangan Foto : Refleksi Tiga Tahun Kepemimpinan Tamba-Ipat, Akselerasi Pembangunan Besar Fokus Buka Ruang Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat
banner 120x600

Jembrana – Tahun 2024 menjadi tahun ketiga kepemimpinan Bupati Jembrana, I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati, I Gede Ngurah Patriana Krisna. Dihadapkan  dengan waktu yang singkat usai dilantik pada 2021 lalu,  Tamba – Ipat fokus pada pembenahan diberbagai sektor serta akselerasi pembangunan bertumpu  pada pengimplementasian  visi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana.

“Astungkara ditahun ketiga ini banyak sudah capaian yang kita lakukan untuk Kabupaten Jembrana. Baik itu dari sisi infrastruktur, pendidikan, pengembangan SDM, seni dan budaya, penguatan UMKM serta pengembangan destinasi wisata di Jembrana yang bermuara pada kemajuan Kabupaten Jembrana,” ucapnya  dihadapan ribuan masyarakat pada malam puncak peringatan HUT Kepemimpinan Tamba-Ipat yang ke-3 tahun di Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Sabtu malam (2/3/2024).

Di samping itu,  Bupati Tamba juga mengungkapkan masih banyak pembangunan yang akan dilakukan di Kabupaten Jembrana.

Yang tengah berjalan ,revitalisasi  pasar umum  negara ,  pengembangan kawasan Pelabuhan Perikanan Bali yang terletak di Pengambengan, selanjutnya pengembangan destinasi wisata bertaraf Internasional di Pekutatan dan Polo Berkuda di kawasan TNBB, serta yang terakhir pengembangan Pelabuhan Gilimanuk.

Mengakselerasi  ruang ruang pertumbuhan ekonomi dan ruang kreatif publik, Pemkab Jembrana juga telah memiliki RMU di Subak Tibu Beleng Kecamatan Mendoyo, factory sharing rumah kakao di Desa Kaliakah makin menguhka keberadaan Jembrana sebagai kota cokelat serta gedung sentra tenun dipusat kota  sebagai pusat oleh oleh dan produk kreatif UMKM Jembrana.

Seluruh program besar itu  akan seiring dengan  rencana pembangunan jalan tol Gilimanuk- Mengwi, sebagai konektifitas yang akan meningkatkan  pelayanan distribusi barang dan jasa dari Jembrana menuju pusat kota maupun daerah sekitarnya.

“Mohon doa restu seluruh masyarakat Jembrana, semoga semuanya bisa berjalan on the track, sehingga mimpi besar kita yakni Jembrana Emas 2026 bisa segera terwujud,” ungkapnya.

Dari sisi program, telah banyak  capaian program  yang digulirkan ke masyarakat , wujud memudahkan serta mendekatkan sebagai pemangku layanan.

Diantaranya program Jembrana satu data yang memudahkan mengoleksi data penduduk dengan cepat dan terintegrasi, aplikasi layanan kedaruratan JES , layanan antar obat kepasien di RSU Negara serta pembukaan poliklinik poliklinik baru sehingga kian lengkap.

Menuju Jembrana sebagai kabupaten Zero Stunting, Jembrana juga telah memiliki program BAAS ,( bapak/ibu asuh anak stunting) yang secara bergotong royong menyalurkan makanan / minuman sehat bagi anak anak Jembrana dengan kondisi stunting . Serta teranyar sudah dilaunching layanan transportasi Trans Bahagia yang menyediakan transport gratis bagi anak sekolah dari keluarga kurang mampu.

“Kami  sangat bersyukur selama 3 tahun kepemipinan Tamba-Ipat ini segala kebijakan dan program kerja mendapat respon, apresiasi, pengakuan, dan penghargaan dari masyarakat, pemerintah, dan lembaga,” terangnya.

Selama tiga tahun kebelakang, Kabupaten Jembrana telah menerima beberapa penghargaan di tingkat nasional dari berbagai kementerian, badan dan lembaga.

Bupati Tamba membeberkan selama 3 tahun kepemimpinan itu setidaknya Jembrana telah meraih sebanyak 31 penghargaan tingkat nasional maupun provinsi. Terbanyak pada tahun 2023 ini sebanyak 15 penghargaan nasional diraih, melebihi penghargaan tahun sebelumnya.

Diantaranya Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya nasional,10 Besar Desa Wisata Terbaik Katagori Souvenir Dalam Ajang ADWI 2023, Penghargaan Anugrah BKN Award Kategori Utama Implementasi Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK) ASN Terbaik, Penghargaan Wiyata Dharma Madya Tingkat Nasional untuk Bunda Paud Jembrana.

Serta  Penghargaan Kabupaten Sehat (Swasti Saba) Dari Kementrian Kesehatan RI,  Penghargaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik yang diperoleh oleh Desa Warnasari dan sebagai  TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2023 (JEMBRANA KEDAS) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada kompetensi Inovasi Pelayanan Publik 2023.

Ditingkat Provinsi , Kabupaten Jembrana merupakan Daerah dengan Survey Kepuasan Masyarakat tahun 2022 tertinggi di Provinsi Bali oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara, Peringkat 2 Paritrana Award Provinsi Bali oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara serta capaian opini WTP dari BPK RI berturut turut.

“Atas seluruh pencapaian kinerja pembangunan Pemerintah Kabupaten Jembrana, saya bersama Wakil Bupati, IGN Patriana Krisna menghaturkan Suksmaning Manah, terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Forkopimda Jembrana, Sekda, ASN dilingkungan Pemkab Jembrana, pimpinan instansi vertikal, para prebekel, bendesa, penglingsir serta masyarakat atas segala dukungan, partisipasi, dan dedikasinya secara bersama-sama untuk membangun Kabupaten Jembrana,” tandasnya.

Malam puncak peringatan HUT Kepemimpinan Tamba-Ipat yang ketiga  berlangsung sangat meriah. Selain diisi artis dan band lokal Jembrana juga diisi dengan artis dan band papan atas Bali, seperti budi arsa, dj mahesa, serta kiss band. Penampilan hiburan itu menyedot antusiasme ribuan masyarakat Jembrana hingga pertunjukan selesai pada tengah malam di areal gedung kesenian bung karno. (!)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *