Melalui Komsos Babinsa Himbau Warga Tidak Membakar Lahan

Keterangan Foto :Melalui Komsos Babinsa Himbau Warga Tidak Membakar Lahan
banner 120x600

Memasuki musim kemarau sehingga rawan terjadi kebakaran. Untuk menghindari hal tersebut, Babinsa Koramil 05/Waingapu Kodim 1601/Sumba Timur Sertu Neriyanto Jinggitiu melaksanakan Komsos dengan masyarakat dusun Mitihau,Desa Kuta, Kecamatan Kanatang, Kabupaten SumbaTimur, kamis (15/06/2023).

Salah satu bentuk antisipasi, pembakaran lahan yang saat ini sering dilakukan oleh oknum masyarakat ketika membuka kebun, yang mana oleh segelintir oknum masyarakat dianggap lebih mudah/cepat dan hasilnya lebih maksimal dalam bercocok tanam.

Hal tersebut , tentunya dipengaruhi oleh minimnya pengeluaran modal bagi para Petani oleh sebab itu, Babinsa Sertu Neriyanto melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) tentang larangan membakar hutan dan lahan (Karhutla) kepada warga Binaannya.

Keterangan Foto :Melalui Komsos Babinsa Himbau Warga Tidak Membakar Lahan

“Dengan adanya sosialisasi ini, warga tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar serta apabila di lapangan ditemukan adanya oknum masyarakat yang berupaya melakukan pembakaran lahan agar dilakukan pencegahan atau segera dilaporkan kepada pihak terkait,” ucap Sertu Neriyanto.

Ia menuturkan, Pihak Koramil akan terus melakukan pendekatan kepada masyarakat dan pemilik lahan untuk mensosialisasikan karhutla di Desa Kuta, sebab jika pencegahan ini berhasil tentu tidak perlu melakukan pemadaman, imbuhnya.

“Bahkan kami terus mengadakan himbauan kepada masyarakat tentang aturan hukumnya, sehingga masyarakat bisa memahami dari akibat resiko membakar hutan ataupun lahan,”tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *