Forkalim Gelar Rakernas di Nusa Dua Bali

Rallmedia

Keterangan Foto : Forkalim Gelar Rakernas di Nusa Dua Bali
banner 120x600

Bali – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Operator Air Limbah Domestik Indonesia (Forkalim) diadakan bersamaan dengan agenda World Water Forum di Nusa Dua, Bali pada Rabu (22/5/2024).

Rakernas Forkalim ini turut dihadiri oleh seluruh pengurus dan Direktur Sanitasi, Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Taniozisochi Lase.

Salah satu hasil rapat tersebut adalah penetapan dan pengangkatan Pimpinan BLUD UPTD PALD Kota Bekasi sebagai Wakil Ketua Asosiasi Operator Air Limbah Domestik Indonesia atau Forkalim, dengan Ketua dijabat oleh Direktur PDAM Kota Surakarta, Agustan, SE.

Pengangkatan ini didasarkan pada kesepakatan para pengurus Forkalim sesuai dengan AD/ART.

Menurut Kepala BLUD UPTD PALD Kota Bekasi, Andrea Sucipto, penetapan Bekasi sebagai Wakil Ketua di Asosiasi bertaraf nasional ini memberikan harapan bahwa pengelolaan air limbah domestik di Indonesia dapat maju pesat.

Hal ini sejalan dengan semangat resolusi dari agenda internasional World Water Forum yang dihadiri oleh lebih dari 114 delegasi negara dan beberapa pemimpin negara.

Manfaat untuk Kota Bekasi
Manfaat dari keanggotaan dan terpilihnya kota Bekasi sebagai Wakil Ketua adalah;

1. Menambah Jaringan, konektifitas dan kolaborasi antar lembaga Operator yang ada di Indonesia sehingga dapat meningkatkan pendapatan BLUD itu sendiri.

2. Dari sisi Program juga dapat akses prioritas antar lembaga Pemerintah, terutama dengan lembaga kementerian pusat dan lembaga Luar Negeri untuk meningkatkan akses Sanitasi Aman.

3. Mempromosikan Kota Bekasi sebagai barometer Nasional.

4. Dapat meningkatkan kapasitas SDM melalui Program Twinning atau Water Operator Partnership dimana sesuai target akhir tahun ini BLUD PALD Kota Bekasi akan ditunjuk sebagai pusat sertifikasi training kompetensi air limbah domestik di Indonesia.

“Dari semua manfaat adalah bagaimana Kota Bekasi mendapatkan Hak Prioritas sumbangsih Ide Inovatif dalam mendukung percepatan pencapaian Sanitasi Aman dan sejalan pula dengan amanah yang diberikan oleh PJ Wali Kota Bekasi yaitu Raden Gani Muhamad saat melakukan sidak ke BLUD PALD pada minggu lalu,” jelas Andrea Sucipto.

“Semangat BLUD PALD Kota Bekasi, yaitu “Bekasi untuk Indonesia,” perlahan terwujud,” tambahnya.

Beberapa prestasi BLUD, kata dia, tentunya tidak lepas dari komitmen Kepala Dinas Perkimtan, Widayat Subroto, yang selalu memberikan ruang gerak BLUD untuk berinovasi sehingga dapat menghasilkan beberapa terobosan yang bermanfaat untuk Indonesia dan Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan sebagai TOP BUMD AWARD 2024 Bintang 4.

“Semoga peran BLUD PALD Kota Bekasi di kancah nasional dan internasional dapat bermanfaat bagi Kota Bekasi,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *