Di Tengah Guyuran Hujan Upacara Peringatan HUT Satpol PP dan SatLinmas Tetap dilaksanakan

Rallmedia

Keterangan Foto : Ditengah Guyuran Hujan Upacara Peringatan HUT Satpol PP dan SatLinmas Tetap dilaksanakan
banner 120x600

Kota Kupang – Penjabat Gubernur, Ayodhia G. L. Kalake, S.H., MDC hadir di lapangan Kantor Wali Kota Kupang memimpin Upacara Peringatan Ulang Tahun ke 74 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Ulang Tahun ke 62 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur yang diselenggarakan di Kota Kupang sebagai tuan rumah. Upacara berlangsung di lapangan Kantor Wali Kota Kupang, Rabu (13/3).

Penjabat Gubernur bertindak selaku inspektur upacara didampingi oleh Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay, S.E., M.Si. Turut hadir unsur Forkopimda Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kota Kupang, para Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten dan Kota se-Provinsi NTT, Pimpinan Perangkat Daerah Kota Kupang, Camat, Lurah dan ASN lingkup Pemerintah Kota Kupang.

Dalam sambutannya Penjabat Gubernur menyampaikan salam sekaligus apresiasi serta penghargaan kepada seluruh anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Pelindungan Masyarakat di seluruh Indonesia atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini. Melalui momentum rangkaian perayaan hari jadi Satpol PP dan Satlinmas tahun ini, ia mengajak seluruh Satuan Polisi Pamong Praja untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah dengan semangat, kompetensi dan profesionalitas yang semakin mumpuni guna menunjang tugas pokok serta fungsi operasional di lapangan.

“Saya berharap Satpol PP dan Satlinmas dapat bekerja sama dan bersinergi dengan TNI Polri dalam menjaga stabilitas keamanan, khususnya pasca pemungutan suara yang dapat berpotensi konflik. Saya menekankan kepada seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas di daerah agar selalu bersikap proaktif dalam mencermati kondisi dan dinamika di wilayahnya demi menjaga stabilitas dan keamanan dengan mengedepankan humanisme dalam pelaksanaan tugas dilapangan,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Satpol PP dan Satlinmas juga diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam mengendalikan inflasi daerah serta menjaga stabilitas dan distribusi bahan pokok masyarakat melalui pengawasan terhadap praktik-praktik penimbunan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab, terlebih dalam bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah. Oleh karena itu, ia meminta agar Satpol PP lebih memperkuat koordinasi dengan instansi terkait serta lakukan tugas-tugas aktual untuk turut mengawal distribusi bahan pokok dan bantuan sosial oleh pemerintah.

”Saya ingin mengingatkan beberapa hal kepada seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas, untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menciptakan suasana aman dan tertib dalam mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024. Terus berkoordinasi serta berkolaborasi bersama dengan TNI Polri dan Forkopimda, melakukan pemantauan terhadap harga bahan pokok untuk memastikan kecukupan stok dan stabilitas harga, serta ketersediaan BBM, terutama dalam menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah. Tingkatkan profesionalisme serta kapasitas aparatur, dalam urusan ketenteraman, ketertiban umum dan pelindungan masyarakat sebagai salah satu urusan wajib pelayanan dasar,” ujarnya.

Upacara berlangsung di tengah guyuran hujan dan ditutup dengan peragaan senam tongkat oleh Satpol PP Kabupaten Kupang. Gabungan Satpol PP Provinsi NTT dan Kota Kupang melakukan yel yel yang berbunyi “Dirgahayu ke 74 Satuan Polisi Pamong Praja dan Dirgahayu ke 62 Satuan Pelindungan Masyarakat” dan “Salam Praja Wibawa”, diakhiri oleh demonstrasi penanganan massa unjuk rasa yang diperagakan oleh Satpol PP Kota Kupang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *