Rutan Kelas IIB Negara Menyelenggarakan Pengobatan Dan Pemeriksaan Massal

Rallmedia

Keterangan Foto : Rutan Kelas IIB Negara Menyelenggarakan Pengobatan Dan Pemeriksaan Massal
banner 120x600

Jembrana – Rutan Kelas IIB Negara telah menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan massal kepada Pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Jumat,    (19 /4/) .

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pemasyarakatan Sehat dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 tahun 2024 yang dilaksanakan serentak di seluruh Lapas/Rutan/LPKA se-Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, Rutan Kelas IIB Negara bekerja sama dengan Puskesmas I Negara. Kegiatan ini diawali dengan senam bersama pukul 08.00 Wita, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan oleh dr. Putu Sukma Fajar selaku dokter umum Puskesmas I Negara dengan didampingi oleh 3 orang tenaga kesehatan lainnya dari Puskesmas I Negara bersama 3 orang perawat Rutan.

Pemeriksaan kesehatan ini meliputi pemeriksaan antropometri, tanda-tanda vital dan pengecekan gula darah. Bagi pegawai maupun WBP yang memiliki keluhan terhadap kesehatannya atau ditemukan terdapat kondisi yang kurang baik, diberikan terapi obat-obatan oleh dokter pemeriksa.

“Terima kasih kepada petugas kesehatan Rutan Negara dan khususnya kepada Tim Medis Puskesmas I Negara karena telah membantu dalam penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan massal ini”. ucap Lilik Subagiyono, Kepala Rutan Kelas IIB Negara.

“Kegiatan ini sebelumnya telah rutin kami laksanakan setiap bulannya terhadap WBP yang sakit, namun kali ini kami laksanakan secara massal kepada pegawai dan WBP yang sehat maupun yang sakit untuk memantau kondisi kesehatan dan deteksi dini potensi masalah kesehatan. Ini adalah bentuk kepedulian dan komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik karena kesehatan merupakan prioritas utama untuk menjalani aktivitas sehari hari,” ungkap Lilik .

Dr. Putu Sukma Fajar menyampaikan bahwa kondisi kesehatan pegawai dan WBP Rutan Negara sudah baik, hanya terdapat sebagian kecil dari warga binaan yang memiliki keluhan seperti batuk, pilek dan gula darah sedikit meningkat, telah kami berikan terapi dan edukasi atas keluhannya. “Semoga apa yang kami lakukan ini dapat memberikan manfaat bagi pegawai dan WBP di Rutan Negara dan membantu warga binaan menjalani masa pembinaan di Rutan dengan sehat dan produktif,” lanjutnya.

Pegawai dan WBP tampak antusias mengikuti kegiatan ini yang sekaligus menjadi kesempatan untuk berkonsultasi dan berdiskusi mengenai kesehatan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *