Ikhwan Syahtaria, Jendral TNI yang Diusulkan Tokoh Masyarakat Sebagai Penjabat Bupati Bekasi

Rallmedia

Keterangan Foto : Ikhwan Syahtaria, Jendral TNI yang Diusulkan Tokoh Masyarakat Sebagai Penjabat Bupati Bekasi
banner 120x600

Bekasi – Satu dari tiga nama yang diajukan DPRD Kabupaten Bekasi untuk menjadi Pejabat (PJ) Bupati Bekasi adalah Dr. Moh. Ikhwan Syahtaria, S.T., S.E., M.M, Laksamana Pertama TNI yang menjabat Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum Fakultas Keamanan Nasional Universitas Pertahanan.

Munculnya nama Ikhwan Syahtaria, terbilang cukup mengejutkan karena sebelumnya kurang dikenal di kalangan birokrat Kabupaten Bekasi.

Namun bagi kalangan ulama dan tokoh masyarakat, sosok Ikhwan Syahtaria dikenal cukup baik dan memiliki kepedulian tinggi terhadap Kabupaten Bekasi, tanah kelahirannya.

“Atas nama seluruh komponen masyarakat Kabupaten Bekasi menyampaikan aspirasi untuk dapat dipertimbangkannya Dr. H.M Ikhwan Syahtaria sebagai Penjabat Bupati Bekasi,” ucap H. Turmudzi, salah satu penasehat Forum Musyawarah Ulama dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Bekasi dihubungi Awak media belum lama ini.

Hal senada disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Cikarang Barat, KH. Shalahuddin, M. Pdi melalui pesan voicenote kepada Awak media Jumat, 10 Mei 2024.

KH. Shalahuddin merasa bangga terhadap sosok Ikhwan Syahtaria, putra daerah yang berhasil membawa harum Kabupaten Bekasi di tingkat pusat

Ulama muda kharismatik ini mengatakan Laksamana Pertama Ikhwan Syahtaria merupakan putra daerah asli Kabupaten Bekasi yang juga akademisi.

“Beliau sangat dekat dengan masyarakat, dekat dengan para tokoh Kabupaten Bekasi dan tentunya dekat dengan para ulama yang ada di Kabupaten Bekasi, sehingga akan bersinergi dan sinerginya akan berguna demi kemajuan Kabupaten Bekasi,” jelasnya.

Kepala SMAIT Nurul Fajri itu mengakui selama ini dirinya mengenal sosok Ikhwan Syahtaria dengan sangat baik.

“Beliau akademisi juga, dan saya yakin dengan pengalaman yang dimilikinya dapat memimpin Kabupaten Bekasi sebelum nanti terpilih Bupati definitif”.

“Semoga pak Ikhwan Syahtaria bisa mengemban amanah sebagai Penjabat Bupati Bekasi dengan baik,” harap KH Shalahuddin.

Dihubungi awak media secara terpisah, Kepala Desa Sukatenang Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi Anwar Sanusi berharap usulan DPRD Kabupaten Bekasi ke Mendagri tentang calon Penjabat Bupati Bekasi, Laksamana Pertama Ikhwan Syahtaria dapat dikabulkan.

“Sebagai kepala desa di wilayah utara Kabupaten Bekasi, saya mengenal baik pak Jendral Ikhwan Syahtaria dan berharap pak Mendagri dapat menunjuk beliau sebagai Penjabat Bupati Bekasi, memimpin di tanah kelahirannya”.

“Dan tentunya dengan kemampuan militer serta jejaring yang dimiliki pak Ikhwan dapat mengantarkan Pilkada di Kabupaten Bekasi dengan aman dan kondusif hingga dilantiknya Bupati Bekasi secara definitif,” beber Anwar Sanusi.

Biografi
Informasi dihimpun Awak media menyebutkan, Laksamana Pertama Ikhwan Syahtaria lahir dan dibesarkan di Babelan Kabupaten Bekasi.

Ikhwan Syahtaria lulus pendidikan dasar tahun 1980 di SDN 1 Babelan tahun dan melanjutkan ke SMPN 1 Babelan hingga lulus SMAN 1 Bekasi tahun 1986.

Selepas SMA, Ikhwan Syahtaria mendaftar AKABRI dan lulus tahun 1990.

Sebagai bocah Bekasi tulen, Ikhwan Syahtaria ingin menunjukkan jati diri kebekasian yang patriotis, tidak dipandang remeh dan berguna bagi bangsa dan negara.

Tanpa lelah, Ikhwan Syahtaria menempa diri dengan wawasan, pengetahuan dan keilmuan di berbagai lembaga pendidikan, mulai pendidikan umum hingga pendidikan militer.

Tahun 1997, Ikhwan Syahtaria berhasil menyelesaikan pendidikan S1 Teknik Industri di Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut.

Kemudian menamatkan pendidikan di STIE Surabaya Fakultas Ekonomi Manajemen Pembangunan tahun 2006 dan menyelesaikan S2 di UPN Veteran Jakarta tahun 2001.

Selanjutnya tahun 2013, Ikhwan Syahtaria lulus S3 Manajemen SDM Universitas Negeri Jakarta tahun 2013.

Berikut riwayat pendidikan Militer dan riwayat penugasan Laksamana Pertama Dr. Moh. Ikhwan Syahtaria, S.T., S.E., M.M:

Riwayat Pendidikan Militer
AKABRI Laut Angkatan 36 tahun 1990

Dikpasis Angkatan III tahun 1991

SESKOAL Angkatan 41 tahun 2003

Diklat Pemeriksaan Manajemen Keuangan tahun 2005

Sus Ahli Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah tahun 2008

Suskat Manajemen Han Neg Eksekutif tahun 2014

Competence Based Interview tahun 2014

Diklat Pembentukan Auditor Ahli tahun 2018

Suskat Lemhanas RI tahun 2020

Riwayat Penugasan
ARMATIM /KRI Fatahilah-361, KRI Teluk Mandar tahun 1991-1994

MABESAL/DISKUAL (Staf Kupus/Keuangan Pusat) tahun 1997-2003)

AAL/ Bendaharawan (PEKAS) tahun 2004-2006

MABESAL/DISKUAL/KABAGMINPERS tahun 2006-2008

MABESAL/DISKUAL/BENDAHARAWAN KUPUS (PEKAS) tahun 2008-2010

MABESAL/DISDIKAL/KASUBDIS OPSDIK tahun 2010-2014

MABESAL/SPERSAL/PABAN IV/KOMKINPERS tahun 2014

MABESAL/DISMINPERSAL/KALAPETAL tahun 2014-2016

KOARMABAR/SAHLI PANGLIMA ARMADA tahun 2016-2017

MABESAL/INSPEKTORAT TNI AL tahun 2017-2018

KEMHAN/UNHAN/FMP/KAPRODI S2 KETAHANAN ENERGI tahun 2018-2020

KEMHAN/UNHAN/DOKTORAL/KAPRODI S3 (STRATEGI) tahun 2020-2023

KEMHAN/UNHAN/FAK KAMNAS/WADEK Bidang KUUM, Januari 2024. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *